Luar biasa kata-kata mutiara soekarno yang mewujudkan generasi bangsa

Soekarno adalah yang pertama kali mencetuskan konsep mengenai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia dan dia sendiri yang menamainya. Soekarno menandatangani Surat Perintah 11 Maret 1966  yang kontroversial, yang isinya berdasarkan versi yang dikeluarkan Markas Besar Angkatan Darat

Setelah pertanggungjawabannya ditolak Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara (MPRS) pada sidang umum ke empat tahun 1967, Soekarno diberhentikan dari jabatannya sebagai presiden pada Sidang Istimewa MPRS pada tahun yang sama dan Soeharto menggantikannya sebagai pejabat Presiden Republik Indonesia.

Kata-kata mutira Soekarno

Aku lebih suka lukisan samudra yang gelombangnya menggebu-gebu daripada lukisan sawah yang adem ayem tentram.


Janganlah mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan segi tiga warna. Selama masih ada ratap tangis di gubuk-gubuk pekerjaan kita selesai! Berjuanglah terus dengan mengucurkan sebanyak-banyak keringat.


Apabila dalam di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun.


Hanya persatuan Bangsa dan kesatuan tekad Bangsalah dapat menyelamatakan Revolusi Nasional kita itu dan dapat melakukan pelaksanaan cita-cita Revolusi Nasional Kita itu.

Hidup memang pada hakekatnya adlah Kelana antara baik dan buruk,antara tenaga membangun dan tenaga membinasa.

Dalam ia menuju kelaut,Sungai setia kepada sumbernya.

Gantungkan cita-citamu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang- bintang.

Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.

Janganlah melihat ke masa depan dengan buta mata. Masa yang lampau sangat berguna sebagai kaca benggala daripada masa yang akan datang

Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh diantara bintang-bintang.

Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah. Perjuanganmu akan lebih sulit, karena melawan bangsamu sendiri.

Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah.

Selama kemerdekaan bangsa Palestina belum diserahkan kepada orang-orang Palestina, maka selama itulah bangsa Indonesia berdiri menentang penjajahan Israel.

Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsa hidup damai dan persatuan Orang tidak bisa mengabdi kepada tuhan dengan tidak mengabdi kepada sesama manusia.Tuhan bersemayan di gubuknya di miskin Janganlah melihat kemasa depan dengan mata buta. 

Masa yang lampau adalah yang berguna sekali untuk menjadi kaca benggala dari pada masa yang akan datang.

Jangan mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan segi tiga warna. Selama masih ada ratap tangis gubuk-gubuk pekerjaan kita selesai. Berjuanglah terus dengan mengucurkan sebanyak-banyak keringat.


Kemerdekaan hanyalah diperdapat dan dimiliki oleh bangsa yang jiwanya berkobar-kobar dengan tekad merdeka, merdeka ataumati.

Kami menggoyangkan langit, menggempakan darat, dan menggelorakan samudera agar tidak jadi bangsa yang hidup hanya dari 2,5  persen sehari. Bangsa yang kerja keras, bukan bangsa tempe, bukan bangsa kuli. Bangsa yang rela menderita demi pembelian cita-cita.


Dari sudut positif, kita tidak bisa membangunkan kultur kepribadian kita dengan sebaik-baiknya kalau tidak ada rasa kebangsaan yang sehat.

Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.

Apakah kita mau Indonesia merdeka yang kaum kapitalnya merajalela, ataukah yang semua rakyatnya sejahtera, yang semua cukup makan, cukup pakaian, hidup dalam kesejahteraan, merasa dipangku oleh Ibu Pertiwi yang cukup memberi sandang dan pangan.

Beri aku 10 pemuda.Maka aku akan menguncangkan dunia.